1 Juta Akun #mudik H-4, Tweeps!

Lebaran sudah di depan mata. Tapi, ternyata yang ramai bukan Cuma kawasan Pantura, Nagrek atau tempat wisata. Timeline juga ternyata ikutan mudik lhooo. Iseng nge-reach si kata ‘mudik’ dalam beberapa hari terakhir ternyata cukup bikin kaget karena perbedaan yang sangat signifikan. Kaya mudik yang macet terus tiba – tiba ilang. Gini nih!

Minggu, 4/8 merupakan puncak dari ‘mudik’ para netizen. Reach dan impression yang terjadi  lebih dari 1 juta. Bahkan dalam 1 menit ada lebih dari 50 tweet dan 50 kontributor.

m2

Ini sesuai dengan prediksi banyak pihak, terutama karena H-4 lebaran tepat jatuh di weekend sehingga banyak netizen yang memutuskan untuk ‘mudik’ pada hari tersebut. Dari top Kontributor yang ada, kebanyakan mereka menanyakan mudik kemana, ajakan untuk mudik, atau juga menginformasikan mereka sudah mudik. Kontributor dari ‘mudik’ netizen sendiri adalah situs berita online, dengan kata lain arus ‘mudik’ jalannya timeline netizen dan pemudik jalanan sepertinya merepresentasikan hal yang tidak jauh berbeda.

Dilansir dari beberapa situs berita online misalnya :

Sesuai data jumlah penumpang tiba pada H-4 Lebaran merupakan yang terbanyak dibanding hari-hari sebelumnya, ujar Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Edi Priyanto di Surabaya, Jawa Timur, Senin.

http://www.republika.co.id/berita/ramadhan/info-mudik/13/08/05/mr2bmf-puncak-arus-mudik-di-pelabuhan-tanjung-perak-surabaya-h4

“Prediksi kami, puncak arus mudik akan terjadi H-4 dan H-2 karena hari Minggu, dan libur lebaran sudah dimulai,” terang Dirlantas Polda Jatim.

Hari ini, Minggu (4/8/2013) dari pantauan sejumlah pendengar Suara Surabaya, jalur yang sejak Sabtu (3/8/2013) padat adalah kawasan lintas barat, Jombang- Kertosono- Kediri.

http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2013/122762-H-4-Puncak-Arus-Mudik

Setelah hampir satu juta netizen ‘mudik’ pada H-4 sepertinya jalanan timeline mulai lengang di H-3. PAda hari tersebut hanya ada beberapa ribu reach dan impression untuk ‘mudik’.

 

m6

 

 

Sedangkan pada pagi hari H-2 sempat terjadi kenaikan kembali sampai hampir mencapai 100.000 jangkauan dan impression untuk ‘#mudik’. Namun untuk jangkauan netizen untuk ‘mudik’ hanya berkisar 10.000.

m33

 

Salah satu berita online juga melansir bahwa arus mudik telah mereda hari ini.

Ledakan arus mudik asal Jakarta dan daerah sekitarnya dengan tujuan kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali selama tiga hari berturut-turut yang keluar melalui gerbang tol Cikopo, Purwakarta, memasuki H-3 mengalami antiklimaks. Pantauan  Tempo, di gerbang tol Cikopo, kendaraan yang keluar dari pintu gerbang tol Cikopo  Senin, 5 Agustus 2013, sudah normal.

http://www.tempo.co/read/news/2013/08/06/058502566/Arus-Mudik-di-Pantura-Sudah-Normal

m5

Hastag  ‘#mudik’ sendiri banyak digunakan oleh akun – akun populer, sehingga tidak kaget bila impression dan reach ‘#mudik’ lebih tinggi dibandingkan ‘mudik’. Akun yang menggunakan hastag #mudik antara lain @JogjaUpdate , semua akun Kompas, juga termasuk akun PT. Kereta Api Indonesia @KAI121. Termasuk dengan maraknya berbagai kuis seputar ‘mudik’ yang digelar oleh banyak pihak seperti :  

@Republikaonline

Suka nge-#blog? Punya akun #Instagram? Ada pengalaman #mudik paling berkesan? Jangan sampai lewatin yg satu ini -> http://goo.gl/HyJkhJ

@pasarsapi

Nii loo lomba twitpic dr @pulkam Jangan lupa hestek #pulkam5 eh bener gak sih? *siapin foto mudik yg keceh badai*

Mudik fenomena tahunan di Negara kita. Sudah jadi budaya, lalu kemana anda mudik sekarang? Jangan lupa ngetweet ya 😀

 

About

View all posts by

One thought on “1 Juta Akun #mudik H-4, Tweeps!

  1. Thanks so much for giving everyone an exceptionally breathtaking chance to read articles and blog posts from this blog. It is always very excellent and also packed with fun for me and my office fellow workers to search the blog at least three times every week to study the latest guides you will have. And indeed, I’m just always happy concerning the impressive tips served by you. Certain 1 points in this post are clearly the most beneficial we have ever had.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *