www.arfika.com

Sometimes you just have to change the angle

From Blogger To Entreprenur : 4 Point Jadi Entrepreneur Juara!

  • Home
  • Eventories
  • From Blogger To Entreprenur : 4 Point Jadi Entrepreneur Juara!

“Jadi pembinis itu harus berani,” ujar Pak Juliari Batubara (anggota DPR RI Komisi 6-membidangi Koperasi dan UMKM) yang malam itu hadir dengan kasual dan santai. ‘Berani’ menjadi benang merah yang bisa ditarik dari obrolan santai selama 2 jam dalam acara ‘From Blogger To Entrepreneur’ (6/3) bersama Mbak Agustina (Blogger, Writer) dan Pak Juliari Batubara. Mbak Agustina kemudian menimpali “menulis itu juga harus berani!”.

Pak Ari yang pernah bekerja di perusahaan dari salesman serta berkecimpung di dunia bisnis ini membeberkan 4 point penting dari pengusaha jaman sekarang. Apa aja ya?

1. Memaksimalkan Tekhnologi
“Tekhnologi itu memudahkan, tapi bersamaan itu juga ada tantangan di dalamnya. Siapapun hari ini harus survive adaptive dengan tekhnologi,” ungkap Pak Ari yang duduk di tengah antara Mbak Agustina dan Mbak MC. Ia pun melanjutkan bagaimana tekhnologi bisa mengakselerasi ekonomi seseorang asalkan cakap menggunakan. Mbak Agustina pun menambahkan ceritanya bagaimana tekhnologi dan netizen mampu membuat Pasar Karetan (destinasi wisata digital) mampu meraup banyak keuntungan dan kepopuleran.

2. Miliki Ide Creative
Ide adalah kunci. Ide ini menurut Pak Ari harus digodok dan dikembangkan dengan detail. “Bisnis itu harus fun, sesuatu yang kita sukai,” ujar beliau. Kreatifitas itu harus disertai dengan detail setiap rencana dan ada SOP (standart operasional) tertulis sehingga makin jelas dijalankan. “Bahkan saya mengharuskan ada laporan setiap hari,” tambah beliau kemudian. Dalam salah satu pertanyaan seorang blogger terkait mencari investor Pak Ari pun bercerita bahwa investor pasti akan lebih tertarik pada mereka yang sepenuh hati mengurus bisnisnya.

3. Bergaul
Seorang pembisnis itu harus bergaul, membuat pengalaman baru sekaligus mencoba produk/jasa orang lain yang akan bisa menjadi pengetahuan dan perbaikan usaha sendiri. Dalam pengembangan usaha nantinya pergaulan ini penting untuk bertemu dengan partner, teman maupun referensi karyawan. Pak Ari menceritakan betapa pentingnya memiliki orang kepercayaan dalam bisnis jika sebuah bisnis sudah semakin besar apalagi memiliki banyak cabang.

4. BERANI!
Berani memulai, berani merugi, berani gagal. Seorang pembisnis harus berani dengan berbagai kondisi. Kesalahan bukanlah sebuah bencana, “Kalau nggak pernah salah, kita tidak akan pernah belajar, gagal itu perlu!” cerita Pak Ari dengan penuh arti.

Para blogger yang datang malam itu di salah satu ruang meeting hotel Allstay Semarang mendengarkan dengan sungguh-sungguh sesekali tertawa ketika Mbak MC dan pembicara saling bercanda. Hmmm.. 4 point juara ini pastinya bukan hanya untuk dibaca atau ditulis ya. Berani memulai bisnis belum? Katanya negara maju punya banyak pengusaha loh, menurut survei Y&R, BAV Consulting serta tim riset Wharton School of the University of Pennsylvania yang diberi nama Best Countries for Entrepreneurship mengungkap semakin banyak kesempatan wirausaha di sebuah negara maka semakin baik pula iklim ekonomi di negara tersebut. Indonesia maju dimulai dari keberanian untuk menjadi pengusaha tentunya, apakah kamu salah satunya? Sebelum diakhiri Pak Ari pun menyelipkan sebuah pesan,

“setelah menjadi pengusaha sekecil apapun keuntungan harus dibagikan pada sesama, ini salah satu kunci sukses yang penting!”

Tags:

About

View all posts by