Jangan Pernah Sukses Jika Tak Ingin Gagal

Orang sukses itu pernah gagal, iya. Orang yang sukses biasanya gagal dulu. Tapi, kayaknya nggak juga sih ada mungkin orang yang sukses diawal saat mereka nyoba. Nah, lebih pilih mana sukses dulu terus gagal, atau gagal dulu terus sukses?

Sejatinya tidak ada banyak opsi di dunia ini jika sudah dikotomi oleh dua pilihan. Banyak yang bilang bahwa hidup adalah rotasi, kadang di atas ya kadang di bawah. Mungkin benar memang demikian. Ada yang ditempa dengan kesuksesan ada juga yang ditempa dengan kegagalan. Bukan membesarkan hati, barangkali semua hanya surat cinta Allah dengan cara yang berbeda-beda. Ya, ada yang tumbuh dengan kesuksesan ada juga yang tidak. Jangan pernah sukses jika tidak ingin gagal, karena kesuksesan itu candu dan kegagalan itu menakutkan.

Bagaimana jika sudah putus asa? Sadarilah kembali bahwa hidup tidak lepas dari cobaan. Itu sudah tercatat jelas sebagai bagian kodrati manusia. Tiap kegagalan, masalah maupun yang kita anggap kesuksesan adalah sebuah cara untuk mahir dalam menjalani hidup. Ya, selama kita bisa belajar maka saat itulah kita sukses apapun kondisinya.

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *