Versi Terbaik Kita #IniBaruIndonesia

“Rumah tanpa peyangga akan runtuh, Indonesia Tanpa 4Pilar Takkan Utuh”

Kapan terakhir kali membaca Undang – undang Dasar 1945?

Setiap hari berinteraksi dengan seluruh orang di dunia, masih ingatkah dengan Bhineka Tunggal Ika?

Dibandingkan anak sekolah dasar, siapakah yang lebih lantang mengucapkan Pancasila?

Ada banyak akronim bertebaran, masih ingatkah NKRI?

Jawaban dari pertanyaan itu mungkin menjadi pengulik kesadaran pribadi apalagi setelah mendewasa. Surakarta, 20 – 22 November 2015 Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) bersama puluhan netizen menyemai semangat 4pilar dalam netizen gathering MPR RI 2015. Netizen dari berbagai kota di Indonesia ini berkumpul, berdiskusi dan berbagi ide tentang 4pilar untuk bangsa. Tak dapat dipungkiri bahwa sudah semestinya ada integrasi peran dalam negara harus diupayakan memupuk kesadaran tentang sendi – sendi utama bangsa.

“Empat pilar memuat banyak hal tentang kehidupan berbangsa, #IniBaruIndonesia merupakan upaya agar tidak sekedar tataran kognisi namun juga dekat dengan implementasi. Rumah kebangsaan dengan kesadaran bersama kita jaga, dengan demikian maka selalu ada arah, nilai dan toleransi,” ujar Bapak Ma’ruf Cahyono Kepala Biro Humas Setjen MPR RI dalam pengantarnya berkenaan dengan empat pilar.

Dalam salah satu upayanya pula kini ada 16 poster yang MPR RI untuk #IniBaruIndonesia. Dengan harapan 16 poster ini lebih membumi dan menjadi pengingat identitas bangsa disaat semakin banyaknya fenomena dan benturan berbagai kejadian.

INI BARU INDONESIA

“BERHENTI Memaki, MULAILAH Memakai Hati”

“BERHENTI Curiga, MULAILAH Menyapa “

“BERHENTI Berseteru, MULAILAH Bersatu”

“BERHENTI Memaksakan, MULAILAH Berkorban”

“BERHENTI Mencari Perbedaan, MULAILAH Bergandeng Tangan”

“BERHENTI Silang Pendapat, MULAILAH Mencari Mufakat”

“BERHENTI Besar Kepala, MULAILAH Berlapang Dada”

“BERHENTI Bersilat Lidah, MULAILAH Bermusyawarah”

Semangat Kolaborasi #IniBaruIndonesia

Walaupun berasal dari berbagai kota yang berbeda netizen dengan semangat saling kolaborasi untuk #IniBaruIndonesia. Ide – ide baru untuk menyebarkan empat pilar dari berbagai penjuru menjadi sebuah manifesto bahwa dengan kesadaran semua elemen masyarakat memiliki upayanya sendiri – sendiri. “Blogger memiliki peranan penting untuk sosialisasi 4 pilar negara kita,” ungkap Kang Ale salah satu netizen dari Bandung yang juga berprofesi sebagai penulis dan kreator buku.

Ide dari masing – masing netizen terbagi dalam dua kelompok yang berbeda saling bermusyawarah yang mana dihari terakhir dilaksanakan pleno untuk mencari mufakat terobosan berikutnya. Energi – energi muda selalu diharapkan hadir untuk memberikan laju barometer kehidupan berbangsa yang berkesinambungan.

Menggali Nilai Tak Lekang Waktu

Selain itu para netizen juga berkesempatan untuk menengok kembali salah satu pusaka berharga bangsa. Keraton Surakarta. “Pasir dari pantai selatan ini punya cerita, kereta ini memiliki riwayat. Setiap tempat memiliki fungsinya sendiri, setiap benda memiliki asalnya sendiri, namun semua ini sebagai tanda bahwa kita wajib menjaganya bukan bermegah – megahan karenanya,” begitu mungkin yang bisa disimpulkan dari perkataan salah satu abdi dalem Keraton Surakarta yang siang itu menemani seluruh netizen dan anggota MPR yang hadir untuk berkeliling Keraton. Seperti Pancasila, NKRI, Bhineka Tungga Ika, dan UUD 1945 semua merupakan kebaikan nilai – nilai bangsa yang tidak akan gagal, gagap dari masa ke masa. Selain berkunjung ke Keraton Surakarta netizen juga berkesempatan mengunjungi batik Laweyan, seperti sebuah pengingat ada banyak goresan dan cerita dari bangsa kita seperti halnya batik dan para pengrajinnya.

Dari Diri Sendiri #IniBaruIndonesia

Kembali disuguhkan 4 pilar,yakni NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika menjadi pengingat bahwa darah Indonesia mengalir lekat dalam tulang. Bahwa, semua tentang kebaikan budi luhur yang bisa dilakukan adalah figur nyata dari 4pilar. Dengan demikian semua bisa kita mulai dari diri sendiri untuk menghadirkan 4pilar dalam hidup berkeluarga, bertetangga, hingga bernegara.

“Banyak hal yang bisa kita upayakan untuk bisa menyebarkan semangat kebangsaan dari Sabang hingga Merauke, kita melangkah bersama.”

About

View all posts by

8 thoughts on “Versi Terbaik Kita #IniBaruIndonesia

  1. “Banyak hal yang bisa kita upayakan untuk bisa menyebarkan semangat kebangsaan dari Sabang hingga Merauke, kita melangkah bersama.”

    Nice quote mbak arfika.

    Yooo, semangat #IniBaruIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *