HUKUM KEKEKALAN MIMPI

“Energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan, hanya berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain”- James Prescott Joule (1818-1889).

“Mimpi itu untuk diciptakan, mimpi tidak pernah musnah, tapi hanya berubah dari satu keajaiban ke keajaiban yang lain”- Arfika Pertiwi 2012.

Berbeda? tentu saja.

Mengapa? Karena ini masalah mimpi.

Mimpi, gaib, khalayan. Sebagai manusia realis yang hidup dengan (jarang) dapat kejutan terkadang membuat saya tidak percaya pada mimpi. Hal – hal ajaib hanya bisa terjadi kalau itu memungkinkan untuk terjadi (pendapat saya dulu).

2012

Saya orang yang jarang menargetkan apa – apa, let it flow. Lalui saja, sampai ke muara dan nikmatilah. Tapi, 2012 berbeda. Tottaly different. Entah mengapa 2012 memiliki rona yang berbeda. Satu persatu mimpi berubah bentuk menjadi bentuk nyata lain.

Jawaban mimpi itu ada 3

“Ya” – “Tidak Sekarang” – “Ada yang lebih baik”- Alanda Kariza (Dream Catcher).

“Tidak, Sekarang”

Pesawat, Jakarta, Award

Mulai dari zaman dulu saya selalu ingin menang kompetisi, tapi nyaris selalu kalah alias jarang menang. Kirim naskah, hari pengumuman- kalah.

Awal tahun 2012 yang lalu, teman satu SMA dulu tiba – tiba mengajak untuk patner dalam satu kompetisi, kompetisi ini termasuk bergengsi karena ranahnya nasional- Web Muda Kompas. Sebagai patner, saya bersyukur dia begitu gigih dan mendorong saya untuk produktif mengisi web blog yang bertemakan lingkungan.

Akhirnya suatu malam saya dapat telp, “Arfika kuliah di Semarang ya? Web-nya betul ini?” dari kompas. Beberapa hari kemudian diundang dalam awarding night dan diminta ke Jakarta. Menyicipi ibukota beberapa hari dengan fasilitas include by Kompas, dan pertama kalinya saya naik pesawat. Hahaha. Naik pesawat itu juga mimpi lhoo walaupun sederhana, kali itu gratis lagi. Dan, Alhamdulillah saya dan patner juara 2 web muda kompas. Bisa jalan – jalan gratis ke Jakarta, ketemu artis, dapet hadiah dll. Noted 2012.

‘Tuhan bisa berkata tidak sekarang, tapi pasti ada waktunya. Jangan lelah berusaha, teruslah melangkah’

“Ya”

For Almamater

Salah satu keinginan saya untuk almamater tercinta SMA Negeri 1 Pati adalah membuat kegiatan berbasis extra disana, karena extra di SMA itu jarang diperhatikan. Salah satu keinginan saya saat itu adalah membuat acara Journalist Camp, karena dulu saya dari extra majalah sekolah. Akhirnya, saya mencoba mengkomunikasikan niat saya itu pada salah satu guru saya sewaktu SMA. Dan, Alhamdulillah beliau malah mendukung dan bersedia menjadi sponsor bersama angkatannya dulu. Akhirnya, terlaksana niat saya membuat kegiatan untuk almamater.

Sekolah Nusantara

Menurut saya ini salah satu hal yang tidak pernah saya rencanakan sama sekali sebelumnya. Karena, menurut saya kalau saya bermimpi ini, saya tidak memiliki wadah. Intinya saya benar – benar bermimpi.

Sekolah nusantara adalah salah satu project yang dimiliki oleh organisasi saya- forum for Indonesia Semarang (FFI Semarang). Sekolah Nusantara ialah charity school yang ada di desa Jabungan, Tembalang Semarang. Entah bagaimana waktu itu alurnya sampai saya bisa sampai desa itu dan berani untuk mengajukan proposal ke desa untuk membuat kegiatan sosial rutin berbasis pendidikan untuk anak – anak. Dan, sekolah nusantara tersebut benar – benar terwujud bahkan bonusnya saya masuk ke koran “Suara Merdeka” bulan Juni 2012.

Mahasiswa Berprestasi FISIP 2013

Salah satu kejutan hebat tahun ini. Nggak pernah ngira, nggak juga menduga. Dan, terjadi begitu saja.

            Tapi untuk mimpi  ini, sebetulnya dulu saya pernah memimpikannya.

            Persis banget ingat waktu itu masih mahasiswa baru di ilmu komunikasi fisip UNDIP. Saat itu adalah masa orientasi mahasiswa baru dan anak – anak berkumpul di Aula FISIP.

“Inilah dia, Arvinda pemenang mahasiswa berprestasi FISIP 2010” ujar dekan fisip saat itu. Penuh dengan antusias saya kemudian melihat penyerahan hadiah dan wajah bahagia kakak angkatan saya yang ternyata ilmu komunikasi juga. Saat itulah saya merekam mimpi saya, entah akan terwujud semester kapan, yang jelas saya bermimpi.

Saya paham mimpi satu itu tidak akan mudah, berprestasi berarti lebih dari sekedar orang biasa. Kemudian yang bisa saya lakukan hanya bertanya pada mereka yang sudah menjalani, seperti apa dan bagaimana. Mereka bilang, siapkan sertifikat dan organisasi. Mulai sejak itu saya selalu ikut seminar dan ikut organisasi. (sampai – sampai dijuluki ratu seminar ._.)

Arfika Pertiwi Putri, Pemenang I, Mahasiswa Berprestasi 2013.

Itu adalah isi dari kolom yang saya buat kalimat dari sebuah pengumaman di kampus bulan Oktober lalu. Nyata. Mimpi itu nyata.

“Mimpi itu nyata karena berusaha”

Panitia Future Leader Summit 2013

Sebagai panitia? Apa istimewa?

Bukan karena jabatan ataupun apapun, tapi saya mengira ini adalah sesuatu yang luar biasa karena ter-ijabah oleh-Nya.

Future Leader Summit 2011——Tidak ikut, karena saat itu saya ketinggalan informasi. Hanya bisa mengikuti planery session dengan Iman Usman sebagai key note speaker. Kecewa.

Future Leader Summit 2012 —- Ikut, setelah menunggu satu tahun dan ternyata ada event ini lagi. Lolos sebagai peserta dan mengikuti serangkaian kegiatan. Saat itu ternyata ketemu temen yang ternyata jadi panitia. Saa saya sempat tanya, “lho mas kamu jadi panitia? Huhu aku gak diajak” lontar saya saat itu. Sepulang dari kegiatan itu dan menuliskan kegiatan dalam blog, saya dan terselip kata didalamnya. “semoga tahun depan saya lebih dari sekedar peserta”

Future Leader Summit 2013 —- Arfika Pertiwi Putri sebagai Jendral Secretary Future Leader Summit 2013.

‘Ada Yang Lebih Baik’

Global Youth Forum – International Youth Conference

Satu mimpi bisa saja berubah ke bentuk mimpi yang lain. Saya selalu ingin ikut kegiatan, sebagai penggila seminar dan hobi seminar pengen banget bisa conference tingkat nasional.

Riwayat

Apply Indonesia Youth Conference (IYC) 2011, 2012 — ditolak.

Apply Forum Indonesia Muda (FIM) 2011, 2012 — tidak lolos

Apply Indonesia Change Conference Bandung 2012 — tidak masuk.

Setelah lama tidak terlalu ingin dan saya Cuma bisa mimpi aja kayanya. Penghujung 2012 ini saya dapat kejutan. Setelah nggak sengaja ikut lomba blog road to global youth forum. Setelah dengan keajaiban bisa masuk TOP 10. Setelah dengan usaha dan doa masuk TOP 5 blog. Saya menjadi salah satu volunteer global youth forum di Bali 4 – 6 Desember kemarin. Gratis? Tentu saja.

Mimpi

            Mulai saat ketika setiap mimpi muncul dalam nyata. Saya menjadi semakin yakin, bahwa mimpi itu ada. Mimpi ada untuk dirubah menjadi nyata.

Hari terus berganti, banyak yang telah terjadi

Diriku kian pasti, segala kan kuraih

Bila esok menjelang, bahagia pun kan datang

Bintang di angkasa, bersinar gemilang

Tempat ku tuju segala angan dan harapan

Tempat ku padu cita – cita dan impian

Tempat ku pacu setiap langkah berarti

Waktu terus menguji tekad yang ku miliki
Kini tlah terbukti segala kan ku gapai
Rintangan ku hadapi cobaan ku lalui
Semua tlah ku dapati tetaplah gemilang

-Lirik Andien – Gemilang

Terimakasih Sang Maha Segala untuk 2012 yang menakjubkan.

Ini tulisan pendek saya, ahahah. Iseng untuk sebuah kompetisi (dulu). Belum pantas untuk dibagi sebetulnya. Tapi, akan ada banyak hukum kekalan mimpi lainnya. Dari teman saya, sahabat saya, kenalan saya, atau bahkan anda 🙂 . My Project at JUNE!!! 

About

View all posts by

4 thoughts on “HUKUM KEKEKALAN MIMPI

  1. Mimpi Menurut Kamus Dewan, mimpi bermaksud sesuatu yang terlihat atau dialami di dalam tidur. Mengikut Wikipedia, mimpi boleh didefinisikan sebagai gabungan imej, bunyi dan animasi yang membentuk sesuatu cerita semasa kita sedang tidur. Para peneliti Harvard Medical School pula, melaporkan bahawa mimpi adalah cara otak mengolah, mengintegrasikan dan memahami informasi baharu. Mimpi membantu kita memecahkan masalah. Mimpi sering hadir di antara masa seseorang hampir lena hingga dia tidur lena adalah benar dan berfaedah. Mimpi-mimpi ini selalunya merupakan pembawa pembukaan dan perantaraan kepada yang luar biasa. Mimpi berkait erat dengan tidur. Terjadinya mimpi dan apa-apa yang dimimpikan kadangkala menjadi pertanyaan yang membuat penasaran, sehingga ada baiknya kita mengetahui apa-apa yang terjadi pada saat kita tidur. Pada saat tertidur, pancaindera kita tidak bekerja, tetapi otak tetap bekerja, bahkan otak akan lebih aktif pada saat kita bermimpi, daripada saat kita terjaga dan melakukan aktiviti harian. Oleh sebab itu, otak dapat mencipta gambaran-gambaran berupa imaginasi tanpa ada peranan pancaindera. Inilah dikatakan mimpi. Orang buta juga bermimpi tetapi mereka tidak melihat visual, cuma bermimpi tentang suara, sentuhan dan emosi yang dirasakan oleh mereka. Mimpi warna dan hitam putih. Mengikut kajian, 12 peratus orang normal mengalami mimpi hitam dan putih. Maksudnya tidak ada warna. Uniknya, pada saat bermimpi, otot-otot kita dalam keadaan tidak aktif sehingga mencegah kita memerankan apa-apa yang dialami dalam mimpi. Walaupun, mimpi tampak sangat nyata tetapi dengan tidak berfungsinya otot membantu kita agar tidak mencederakan diri sendiri atau orang lain. Disediakan oleh: Tan Qian Rou, Tingkatan 1 Meekness, SMK Methodist, 35900 Tanjong Malim, Perak Darul Ridzuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *