Butterfly Effect ‘Love’ dalam Drama Korea ‘The Heirs’

Kalimat pertama adalah, sejujurnya saya bukan orang yang terlalu suka dengan Korea, menekuni dan menunggu drama Korea – Cuma ceritanya sekarang lagi di tempat dan waktu yang memungkinkan buat nonton drama Korea dan kondisi juga mendukung.

Kenapa saya pengen nulis ini?

h1

Seperti drama Korea pada umumnya, The Heirs adalah cerita impian semua wanita – cerita dongeng Cinderella selayaknya drama yang (kayaknya) mustahil jadi nyata – gadis biasa bertemu pangeran. Ya kayak gitu kurang lebih. Tapi, ada yang menarik dan unik dalam cerita ini karena penulis bisa menghubungkan semua karakter dengan apik. Ada cerita misal A suka sama B, B disukai juga sama C, kemudian ada D yang suka sama A, dan berputar – putar. Nah itulah kenapa saya kasih judulnya ‘Love Butterfly Effect’ — kata teori sih Butterfly Effect itu seperti —- di mana perubahan kecil pada satu tempat dalam suatu sistem non-linear dapat mengakibatkan perbedaan besar dalam keadaan kemudian.  Istilah yang pertama kali dipakai oleh Edward Norton Lorenz ini merujuk pada sebuah pemikiran bahwa kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil secara teori dapat menghasilkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian.

Butterfly Effect dalam the Heirs?

h2   Butterfly effect ‘Love’  (BEL) yang akan saya bahas adalah hasil dari BEL. Kalau mau tahu prosesnya, nontonlah dramanya :D. Nah apa hasilnya? Menurut saya adalah ada banyak rupa – rupa :

Cinta Kita Sejati

Cha Eun-Sang dan Kim Tan. Mereka adalah cerita utama dalam the Heirs. Awal dari  butterfly effect ‘love’ adalah kisah mereka. Kenapa sejati? Karena dua orang tokoh ini diceritakan saling memperjuangkan cintanya. Kim Tan rela keluar rumah, rela tersebar sebagai anak illegal dll demi Cha Eun-Sang. Dalam kehidupan nyata nggak gini – gini banget sih, hahahahha yaaa buat yang saling memperjuangkan cinta dan akhirnya happy ending beruntunglah kalau begitu.

Cintaku Asuransimu

Ahh….. judulnya absurd ya. Jadi ceritanya Kim Tan juga udah tunangan sama Rachel karena demi perusahaan keluarga. Ya… intinya cintanya cuma karena harta dan tahta bonusnya wanita. Tapi akhirnya cintanya ini nggak kejadian meskipun ternyata Rachel juga suka sama Kim Tan (bertepuk sebelah tangan). Alasan harta banyak sekalipun akan kandas kalau yang memperjuangkan cuma satu orang.

Kalau lagu bilang, But I’m not the man your heart is missing That’s why you go away I know

Cinta yang Realistis

Kim Tan punya kakak namanya Kim Won, Kim Won yang kaya raya itu jatuh cinta juga sama ibu guru rakyat jelata yang jelita namanya Jeon Hyun-Joo.  Tidak seperti Kim Tan dan Cha Eun-Sang yang gigih, mereka lebih tahu diri 😀 . Ibu guru yang bijaksana ini tahu bahwa 1000 alasan cinta tidak akan membuat mereka bersatu, tapi cukup satu alasan pernikahan si Kim Won demi perusahaan membuat mereka berpisah. Kim Won adalah working holic, mencintai perusahaannya dan mengorbankan cintanya demi perusahaanya. Akhirnya demi alasan perusahaan Kim Won menikah dengan salah satu pemilik saham Jenguk, dan sad endinglah cinta Cinderella yang ini (justru ini paling realistis). Endingnya si Kim Won ini menangis meskipun dia menjadi presiden perusahaan, yaa sometimes memang nggak bisa juga sih cinta sukses karier juga sukses.

Mencari Cinta Pertama

Ada tokoh bad boy namanya Choi Young-Do ceritanya si cowok ini rese banget, broken home, dan dia suka sama Cha Eun-Sang pada pandangan pertama dan ceritanya cinta pertamanya dia juga. Karena memang bad boy cara dia suka sama Cha Eun-Sang berbeda, dengan memaksa, dengan tindakan yang anarki. Tapi, dibalik sikapnya itu sebenarnya Choi Young-Do adalah laki – laki rapuh yang penyayang (manis ya?? :D) Terus kenapa judulnya jadi ‘mencari cinta pertama’? soalnya menurut saya yang Choi Young-Do cari adalah kasih sayang keluarga, yaa cinta sejati yang pertama. Diakhir cerita setelah dia sempat patah hati karena bertahun – tahun ditinggalkan oleh Mamanya begitu saja dan Ayahnya adalah playboy akhirnya Choi Young-Do bertemu dengan Mamanya. Bagaimana dengan Choi Young-Do dan Cha Eun Sang? Pastinya bertepuk sebelah tangan. Pesannya adalah sebelum mencintai orang lain, cintailah keluarga sendiri jika belum menemukan maka carilah sampai bertemu.

Cinta ada karena Terbiasa

Ada tokoh bernama Lee Hyo-Shin anak seorang Lawyer terkenal yang sekaligus adalah anak les privat dari Teacher Jeon Hyun-Joo (pacar kakak Kim Tan). Walaupun berjauhan usia tapi Lee Hyo-Shin jatuh cinta dengan ibu gurunya. Karena mereka sering berjumpa, sering berinteraksi dan Lee Hyo-Shin yang tertekan dengan keluarganya merasa mendapatkan kenyamanan jika bersama ibu guru ini jadilah ada cinta dalam diri Lee Hyo-Shin— meskipun jadinya sad ending sih. Hehehe.

Cinta memang freedom bisa tumbuh dihati siapa saja, tapi untuk menjadi utuh juga membutuhkan hati yang lain.

CInta dan Move On

Akhirnya Rachel dan Kim Tan memutuskan hubungan pertunangan mereka. Rachel akhirnya mencoba melakukan hal gila seperti mencium Lee Hyo-Shin saat pesta agar terlihat oleh Kim Tan dan teman2 mereka. Nah, kebetulan di pesta itu juga ada ibu guru Jeon Hyun-Joo, kemudian Lee Hyo-Shin memanfaatkan kesempatan pula untuk membuat cemburu si Ibu Guru dengan mencium Rachel. Memang sih dalam scene – scene sebelumnya si Rachel dan Lee Hyo-Shin kerap dipertemukan secara tidak sengaja. Hasilnya diakhir cerita mereka seperti salah tingkah dan saling jatuh cinta. Mungkin cinta bisa hadir dari dua orang yang memutuskan untuk move on.

kalau quote buku bilang, ada indah disetiap pindah.

Cinta kita Rasa Permen

Ah… entah kenapa saya paling suka kisah mereka. Kisah yang ringan, diselingi cemburu dan ngambek tapi kadang romantic begitulah kisah Lee Bo-Na dan Yoon Chan-young si juara kelas. Lee Bo-Na yang kekanak – kanakan, pencemburu, lebay jadi terasa lucu tapi manis dengan Yoon Chan-Young yang suka menggoda, bercanda, tapi sebetulnya penyayang. Meskipun putus karena alasan nggak penting akhirnya mereka berpacaran lagi (ada pestanya lagi). hahahha.

Cinta Yang Saling Melengkapi

Kalau yang ini sih antara Mama Kim Tan dengan pembatunya (ibu Cha Eun-Sang) yang memiliki keterbatasan berbicara. Mereka saling melengkapi satu sama lain, yang satu mendengarkan jika ada masalah meskipun kehadirannya tidak pernah direncanakan yang ternyata selalu ada dimana Mama Kim Tan membutuhkannya.

Ada orang – orang disekitar kita yang seperti ini, baru kehilangan ketika mereka tidak ada padahal acap kali merekalah yang selalu disisi saat kesedihan melanda.

Jatuh Cinta Terindah Adalah Keluarga

Dari semua rangkaian cerita The Heirs sebetulnya ialah cinta keluarga- cinta yang paling utuh. Antara Kim Tan, Kim Won dan Ayahnya yang akhirnya saling akur, Choi Young-Do yang bertemu Mamanya, dan banyak scene lain tentang keluarga.

Sekian cerita rupa – rupa cinta ‘love butterfly effect’ The Heirs versi saya. Rupa yang mana punya kamu ?

Jatuh cinta paling realistis adalah pada orang yang tepat dan waktu yang tepat pula.

In the far days ahead, even if the dreams we’re looking for isn’t past the rainbow. The times spent with you right now are more precious to me. – (Two People – Ost The Heirs)

10.54 PM

140102

Arfika di Jakarta

 

Gambar dari 

About

View all posts by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *