Stories

Surat Untuk Pulang

Hay pulang,

Selalu ada perenungan panjang untuk mengenal kata pulang. Begitupun aku mungkin juga dirimu, bisa jadi dia dan mereka.

Kamu pulang ke kotamu, dan aku pula. Aku dan kamu dalam ruang – ruang ini, yang sama sekali tidak pernah ingin kita kembali pulang. Dulu sekali aku dan kamu tidak pernah berbicara soal kepulangan, aku dan kamu hanya sibuk soal sekarang. Katamu masa depan itu jawaban, bukan untuk janjikan. Hingga akhirnya aku memang sama sekali tidak ingin memiliki dugaan.Β 

Perenungan panjang untuk mengenal kata pulang saat aku dan kamu sama – sama enggan untuk mempertanyakan. Keangkuhan dalam keengganan itu menjadikan kata pulang menjadi tak terkatakan. Hanya kebisuan dan ketukan yang menjadi asumsi adanya keberadaan. Bukan pula aku, tapi juga kamu melakukan yang sama. Kita memang terlalu seragam meskipun katamu tak pernah ada kesamaan. Mungkin hanya kebetulan.

Perenungan panjang untuk mengenal kata pulang adalah keabadian. Abadi untuk tidak akan pernah lagi mencari arti kamu untuk kepulangan.

Perenungan panjang itu akhirnya membawaku akan satu pemaknaan, pulang adalah datang untuk bersalaman. Sekedar saling jumpa bukan mengatakan, tapi memberi tanda aku tidak pulang aku hanya datang.

Pulang, bukan buku dengan coretan. Bukan pula bernama kenangan. Pulang yang kuinginkan adalah keabadian. Dan, bukan perulangan.

Hey Pulang.

00.43

24/1

Arfika

 

Gambar dipinjam dari siniΒ 

6 Comments

    • admin

      hehe makasih, oh ya kamu kompasiana juga πŸ˜€ aku juga lhoo tapi udah lama nggak nulis di kompasiana. hehehe
      okidoki, ayo belajar bareng πŸ™‚ aku juga masih terus belajar.
      sukses selalu juga buat kamu πŸ™‚

  • meriz53

    bingung mau comment apa. kata-kata nya oke. meski belum paham maksudnya. aku juga pernah bikin coretan di kertas yg sekarang ga tau dmana kertasnya tentang pulang keabadaian setelah perjalanan. pulang keabadiannya apa? kalau yg aku tulis kematian. kalau yg ini aku belum nyantol sama ceritanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *